728x90 AdSpace

Tuesday, June 23, 2015

Download Kitab Hadits Sahih Bukhari

Judul :    Sahih Bukhari
Pengarang :   Imam Al-Bukhari
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman :  _
Format :  CHM
File size :  24,9 MB



Orang pertama yang memiliki perhatian untuk mengumpulkan hadits-hadits shahih secara khusus adalah Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il Al Bukhari (Imam Al Bukhari) dan diikuti oleh sahabat sekaligus muridnya, Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj An Naisaburi (Imam Muslim). Shahih Bukhari dan Shahih Muslim adalah dua kitab hadits yang paling shahih, namun Shahih Bukhari lebih utama. Pasalnya, Imam Bukhari hanya memasukan hadits-hadits dalam kitab Shahih-nya yang memiliki syarat sebagai berikut:
  1. Perawi hadits sezaman dengan guru yang menyampaikan hadits kepadanya
  2. Informasi bahwa si perawi benar-benar mendengar hadits dari gurunya harus valid
Sedangkan Imam Muslim tidak mensyaratkan syarat yang kedua, yang penting perawi dan gurunya sezaman, itu sudah dianggap cukup.

Inilah sebuah karya monumental, kumpulan hadits shahih yang sangat masyhur di tengah kaum muslimin. Kitab ini ditulis oleh seorang yang dahulunya adalah anak yatim. Beliau bernama Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al Mughirah Al Bukhari Al Ju’fi. Kita lebih mengenalnya dengan Imam Al Bukhari, seorang imam ahli hadits yang terkemuka. Bahkan ulama menyebut beliau Amirul mukminin fil hadits, yaitu pemimpin imam hadits.

Al Imam Al Bukhari menyaring hadits-hadits beliau yang berjumlah 600.000 hadits. Beliau menyusun kitab ini selama 16 tahun. Syarat keshahihan yang beliau tetapkan dalam kitab ini sangat ketat. Yaitu harus bertemunya para perawi dengan guru yang ia riwayatkan haditsnya.

Monggo segera di download Kitab Hadits Sahih Bukhari karya Imam besar Al-Bukhari di bawah ini :
Download
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 comments:

Item Reviewed: Download Kitab Hadits Sahih Bukhari Rating: 5 Reviewed By: Unknown