728x90 AdSpace

Friday, May 29, 2015

Rahasia sukses agar hidup selalu bahagia

Rahasia sukses hidup selalu bahagia
Sahabat,
Inginkah anda mengetahui apa sesungguhnya rahasia yang menjadi kunci sukses agar hidup selalu bahagia...? 
demikian banyak orang yang hidup di dunia ini yang terus mengejar kebahagiaan, tetapi pada akhirnya, tidak pernah mendapatkan apa yang selama ini mereka cari seumur hidupnya. banyak teman saya yang menganggap bahwa kebahagiaan hanya dapat dimiliki oleh orang-orang yang sudah berkelimpahan materi.

Benarkah demikian? benarkah bahwa bahagia itu hanya dapat dinikmati oleh orang orang tertentu saja, hingga kemudian banyak dari anda yang meyakini bahwa bahagia memang jauh dan sulit untuk dicapai. sebelum saya menjelaskan lebih jauh, izinkan saya bertanya ini pada anda :
faktor apa saja yang menjadi penyebab seseorang dapat bahagia dalam hidupnya...?
ada banyak faktor yang menjadi penentu kebahagiaan, ada yang bilang faktor uang, pendidikan, jabatan, dan IQ adalah penentu dari kebahagiaan.

Apakah benar seperti itu? saya yakin anda pasti pernah bertemu dengan orang yang berpendidikan tinggi yang bahagia dan juga tidak bahagia. yang pendidikan rendah ada yang bahagia dan tidak bahagia juga ada. yang jabatan tinggi dan rendah yang bahagia dan tidak bahagia juga ada. IQ tinggi tinggi atau rendah yang bahagia dan tidak bahagia juga ada.

ada sebuah data survei yang menarik untuk anda baca. hasil survei ini menjelaskan faktor uang yang memberikan 5% terhadap kebahagiaan, diikuti oleh kegiatan kreatif  5%, prestasi 8%, Cinta 25%, dan sikap mental (mental attitude) sebesar 57%.

Dua faktor terakhir, cinta dan sikap mental bila digabung memberi kontribusi sangat besar yaitu 82%. dari sini jelas sekali tampak bahwa kebahagiaan lebih ditentukan oleh faktor di dalam diri, bukan sesuatu dari luar diri kita (eksternal).

Salah satu sebab utama kebanyakan orang tidak bahagia, dan ini masuk dalam kategori sikap mental adalah karena mereka baik secara sadar maupun tidak sadar menetapkan syarat yang terlalu sulit untuk bahagia. dimana syarat itu seringkali ditetapkan dengan terlalu banyak dan diluar kemampuan kita sehingga tampak sangat membebani dan syarat itu terus berlari, berubah ubah dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu dapat saya simpulkan bahwa perasaan bahagia yang sulit dicapai itu lebih karena syarat dan aturan aturan yang anda buat sendiri yang demikian banyak, sulit dan rumitnya yang pada akhirnya malah membebani hidup kita sendiri. maka mulai dari sekarang jadilah bahagia tanpa syarat.

Kaya dan bahagia lebih ditentukan oleh perasaan cukup, titik.
Bahagia bukanlah tujuan, bahagia hanyalah efek dari kemampuan kita memaknai kondisi yang kita alami dan rasakan saat ini. Rasa bahagia akan muncul bila kita mampu bersyukur, mampu mensyukuri apapun saja kondisi kita. mampu memandang segala keadaan dengan penuh bijaksana. 

Kemampuan diri untuk bersyukur tumbuh dari adanya kesadaran diri untuk hadir sepenuhnya di saat ini. Kebanyakan orang tidak dapat menikmati hidup sepenuhnya karena selalu lari dari saat ini. Mereka sering menunggu waktu berikutnya; nanti kalau kaya, barulah saya bahagia; nanti kalau anak saya lulus ujian, barulah saya tenang; nanti kalau punya rumah sendiri, barulah saya tenang; nanti kalau punya mobil baru, barulah saya bahagia. Tetapi Saat rumah dan mobil telah terbeli, sejenak bahagia, lalu pusing lagi...

Pikiran selalu berada pada masa lalu atau masa depan dan tidak menyukai saat ini. Padahal kebahagiaan tidak ada di masa lampau ataupun di masa yang akan datang. Kebahagiaan hanya dapat ditemukan pada saat ini, apapun kondisi anda. 
Jadi detik ini, saat ini, adalah saat yang tepat untuk berbahagia. Kebahagiaan bukanlah kondisi ideal, tetapi sebuah keputusan.
Namun pikiran mempunyai kebiasaan untuk tidak menyukai saat ini, pikiran suka menunggu. Oleh sebab itu, putuskanlah untuk berbahagia saat ini juga. Apapun masalah dan kondisi yang sedang anda hadapi. Sebab ketika anda bahagia. Law ofAttraction akan mendatangkan orang-orang, situasi, kondisi, dan kejadian yang akan membuat anda bahagia.  "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu......" (QS ibrahim 7).
Saat pikiran kita sudah nyaman dan bisa bersyukur atas nikmat saat ini, detik ini. Saatnya kita fokus ke hal yang kita inginkan. Semoga dengan ini bisa melupakan pikiran-pikiran yang mengganggu kita.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 comments:

  1. Yes ilike bahagia .buat apa susah buat apa susah s sah itu tak ada guna nya.

    ReplyDelete

Item Reviewed: Rahasia sukses agar hidup selalu bahagia Rating: 5 Reviewed By: Unknown